Senin, 25 April 2016

Cara Membuat Keripik Sukun yang Simple Tapi Tetap Lezat

Cara Membuat Keripik Sukun yang Simple Tapi Tetap Lezat


Sukun adalah salah satu tanaman pangan pengganti nasi yang cukup populer di Indonesia. Pada mulanya tanaman yang dalam Bahasa Inggris disebut breadfruit atau buah roti ini tak banyak dibudidayakan masyarakat, akan tetapi saat ini sukun menjadi sangat populer sebab bisa diolah menjadi beragam jenis makanan. Beberapa contoh makanan yang dibuat dari sukun adalah : sukun goreng, getuk sukun, kolak sukun dan keripik sukun. Nah, di artikel ini Bercerita.Org akan sedikit membahas tentang pembuatan keripik sukun.

Keripik sukun sendiri adalah makanan ringan yang tak asing lagi untuk mayoritas masyarakat Indonesia. Makanan renyah yang memiliki rasa gurih dan manis ini sangat disukai oleh segenap lapisan masyarakat. Cara membuat keripik sukun yang terbilang sangat mudah maka tak heran jika sudah banyak yang memanfaatkannya sebagai usaha skala rumah tangga yang prospektif.


Bila anda pun ingin membuat keripik sukun ini maka anda harus menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu yaitu :

Bahan yang diperlukan :

1 buah sukun tua dengan ukuran sedang.

Bumbu bumbu yang diperlukan :

1 sendok makan ketumbar
4 siung bawang putih
1 sendok makan garam
3 cm kunyit
1 sendok teh gula pasir

Cara membuat keripik sukun :

Buah sukun dikupas dan kemudian diiris tipis. Selanjutnya irisan sukun tadi direndam dalam air kapur kira-kira 5 jam. Ambil irisan sukun dari air kapur dan cuci menggunakan air bersih. Persiapkan bumbu bumbu yang terdiri dari ketumbar bawang putih, kunyit dan garam. Bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan setengah liter air. Sesudah bumbu siap, masukkan irisan sukun itu dalam bumbu. Biarkan sebentar sampai bumbu meresap. Panasi minyak goreng kemudian goreng irisan sukun. Balik balik sukun agar matangnya merata yang ditandai dengan warna kekuningan. Setelah matang angkat dari minyak goreng. Siapkan toples atau bungkus plastik bersih dan masukkan keripik sukun setelah dingin.

http://www.bercerita.org/2014/05/cara-membuat-keripik-sukun-yang-simple.html



Artikel Selanjutnya
Cara Sederhana Membuat Tepung Sukun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar